HIJP di Publons, tampilkan dengan percaya diri

Tangkapan layar profil HIJP di Publons

Kami sedang sungguh-sunguh berusaha untuk menaikkan kredibilitas Health Information : Jurnal Penelitian (selanjutnya: HIJP) sebagai jurnal yang layak menerbitkan hasil kajian, baik oleh penulis nasional maupun internasional. Agar mendapatkan predikat tersebut, banyak hal yang telah kami lakukan mulai dari memperbaiki aturan-aturan jurnal, proses pengelolaan naskah, dan menandatangani atau ikut menyatakan dukungan ke berbagai komunitas internasional.

Termasuk dalam usaha ini adalah menempatkan nama HIJP sebanyak-banyaknya pada lembaga pengindeks atau sejenisnya. Dan yang baru-baru ini terlaksana adalah HIJP terdaftar di pusat data jurnal Publons.

Sekedar pemberitahuan bahwa Publons ini merupakan satu tempat yang tidak sekedar diperuntukkan bagi penulis (researcher), namun paket lengkap juga untuk mitra bestari (reviewer) dan penerbit jurnal. Karena keunggulan inilah, kami mencoba menampilkan diri di sana. Lalu sebagai rekan atau pengguna layanan kami, hal apa yang dapat anda manfaatkan dari kehadiran HIJP di Publons ini?

  • Untuk Penulis

Tampilkan hasil kajian anda dengan percaya diri. Tentu saja proses penerbitan yang telah anda lalui merupakan bagian terbaik dari menerbitkan naskah. Naskah telah melalui proses peninjauan sejawat (peer review) dan diberikan masukan oleh mitra bestari (reviwer) sehingga atas masukan dari mitra bestari, editor menerima atau menolak naskah tersebut. Singkatnya, naskah yang diterbitkan telah melalui serangkaian proses panjang sehingga hasilnya sangat perlu disampaikan kepada khalayak dengan percaya diri.

  • Untuk Mitra Bestari

Mitra Bestari merupakan rekan terbaik jurnal dalam menerbitkan artikel, peran mereka tidak dapat diragukan. Mitra bestari dalam melakukan peninjauan mengedepankan asas kejujuran, obyektif, dan kesiapan membimbing penulis. Asas inilah yang ditekankan oleh HIJP untuk terus diimplementasikan oleh mitra bestari, sehingga proses peninjauan adalah upaya membantu penulis untuk membangun isi naskah yang berkualitas.

Sebagai bentuk penghargaan kepada mereka, HIJP menganjurkan mitra bestari memverifikasi hasil penilaiannya di Publons, lagi-lagi tampilkan hasil peninjauan dengan percaya diri. Silahkan mempelajari bagian ini melalui link berikut.

  • Untuk Editor

Editor HIJP adalah yang sehari-hari berurusan dengan naskah. Editor menyaring kelaikan naskah untuk masuk ke proses penerbitan selanjutnya.

Penerbit memberikan kesempatan kepada editor untuk mengklaim hasil pekerjaannya dan menampilkan klaim tersebut diprofil Publons mereka. Hal ini dapat dipelajari melalui link berikut.

Dan yang terakhir untuk komunitas ilmuwan/profesional, anda dapat berikan dukungan kepada kami dengan cara mengendosmen HIJP. Endosmen yang anda berikan akan menjadi penyemangat kami untuk terus memperbaiki proses penerbitan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas artikel dan ilmu pengetahuan.