Categories
Peninjauan Sejawat Proses Penerbitan Teknis

Tentang formulir author respons

Kantor editorial (Editorial Office/ed office) HIJP sedang mencoba mengimplementasikan penggunaan formulir author respons pada proses peninjauan. Sebagaimana umumnya penggunaan formulir ini oleh berbagai penerbit jurnal lain terutama penerbit dari luar negeri yang menjadi salah satu alasan ed office HIJP menerapkannya.

Pengisian formulir author respons mulai diberlakukan pada penerbitan jurnal volume 12 nomor 1 yang mulai dapat terlaksana dibagian post review atau tahap akhir dari proses peninjauan. Sebagaimana diketahui bahwa alur penerbitan yang berlaku di HIJP adalah selain peninjauan oleh peer review (mitra bestari), juga terdapat peninjauan yang dilakukan oleh chief editor dan peninjauan chief editor disebut pra review dan post review.

Teknis yang berlaku bagi pengelola jurnal adalah:

  • Naskah yang telah melalui dua putaran proses peninjauan akan memasuki tahap post review.
  • Pada sistem OJS, tahap post review adalah menambah satu putaran proses peninjauan. Sebagai contoh, naskah A telah melalui dua putaran peninjauan oleh mitra bestari maka putaran yang ketiga adalah tahap post review.
  • Section editor atau editorial staff mengisi formulir author respons untuk menuliskan komentar dari chief editor.
  • Isian formulir author respons oleh section editor atau editorial staff diunggah sebagai pendamping reviewer attachment (masih pada stage review pada sistem OJS).
  • Section editor atau editorial staff melanjutkan permintaan revisi naskah kepada penulis dengan melampirkan semua

Sistem OJS belum hanya menyediakan putaran peninjauan pada stage review/peninjauan sehingga untuk tetap menjalankan tahap post review, putaran terkahir pada stage review dianggap sebagai tahap post review.

Teknis penulis mengisi formulir author respons adalah sebagai berikut:

  • Penulis mengunduh semua reviewer attachment dari sistem OJS melalui akun OJS nya.
  • Terlebih dahulu penulis mempelajari formulir author respons dan kemudian naskah hasil peninjauan.
  • Penulis melalukan revisi pada naskah hasil peninjauan dan setelah itu menuliskan jawaban penulis pada formulir author respons. Berikut contoh pengisian formulir ini.
sumber: isian ini berasal dari kiriman Dr. rer. nat. Arli Aditya Parikesit dalam format doc. dan oleh ed office diolah menjadi gambar.
  • Jika telah selesai mengisi, naskah hasil revisi dan formulir author response dikirimkan kembali melalui sistem OJS.

Demikian penjelasan dan teknis pengisian formulir author respons.

Categories
Pelayanan terbaik Teknis

Kami siap membimbing anda

Terkadang tutorial berbentuk gambar tidaklah cukup, mereka masih sering bertanya bagaimana memasukkan naskah, menjawab diskusi, dan bahkan mengirimkan kembali hasil revisi. Pengguna layanan HIJP masih sangat perlu bimbingan A-Z untuk menggunakan OJS.

Tantangan ini sangat wajar dihadapi oleh jurnal yang menggunakan sistem online sebagai ‘mesin’ publikasinya dan begitu pula HIJP. Sehingga kantor editorial berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk menyongsong suksesnya penerbitan naskah yang dilakukan oleh penulis.

Kantor editorial menyatakan siap membantu dengan cara membimbing penulis diproses apapun dari penerbitan naskahnya, baik itu awal memasukkan naskah (submission), naskah memasuki tahap peninjauan, proofreading dan publikasi.

Penulis dapat langsung mengontak kantor editorial melalui media WhatsApp & Telegram (085340112756), Twitter (https://twitter.com/jurnaldanhaki), atau surel admin@myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id. Staf kami akan segera merespon anda dengan senang hati.

Sebagai penutup, HIJP berprinsip bahwa menerbitkan jurnal merupakan jalan membangun Bangsa. Melalui prinsip ini, kami berusaha profesional dalam memberikan layanan, dan membuat aturan yang mendukung gerakan Open Science. Kami sangat terbuka terhadap kritik dan masukan dari pihak manapun, silahkan sampaikan hal itu melalui surel edoffice@myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id atau jurnaldanhakcipta@poltekkes-kdi.ac.id.

Categories
Pengembangan Teknis

HIJP di Publons, tampilkan dengan percaya diri

Kami sedang sungguh-sunguh berusaha untuk menaikkan kredibilitas Health Information : Jurnal Penelitian (selanjutnya: HIJP) sebagai jurnal yang layak menerbitkan hasil kajian, baik oleh penulis nasional maupun internasional. Agar mendapatkan predikat tersebut, banyak hal yang telah kami lakukan mulai dari memperbaiki aturan-aturan jurnal, proses pengelolaan naskah, dan menandatangani atau ikut menyatakan dukungan ke berbagai komunitas internasional.

Termasuk dalam usaha ini adalah menempatkan nama HIJP sebanyak-banyaknya pada lembaga pengindeks atau sejenisnya. Dan yang baru-baru ini terlaksana adalah HIJP terdaftar di pusat data jurnal Publons.

Sekedar pemberitahuan bahwa Publons ini merupakan satu tempat yang tidak sekedar diperuntukkan bagi penulis (researcher), namun paket lengkap juga untuk mitra bestari (reviewer) dan penerbit jurnal. Karena keunggulan inilah, kami mencoba menampilkan diri di sana. Lalu sebagai rekan atau pengguna layanan kami, hal apa yang dapat anda manfaatkan dari kehadiran HIJP di Publons ini?

  • Untuk Penulis

Tampilkan hasil kajian anda dengan percaya diri. Tentu saja proses penerbitan yang telah anda lalui merupakan bagian terbaik dari menerbitkan naskah. Naskah telah melalui proses peninjauan sejawat (peer review) dan diberikan masukan oleh mitra bestari (reviwer) sehingga atas masukan dari mitra bestari, editor menerima atau menolak naskah tersebut. Singkatnya, naskah yang diterbitkan telah melalui serangkaian proses panjang sehingga hasilnya sangat perlu disampaikan kepada khalayak dengan percaya diri.

  • Untuk Mitra Bestari

Mitra Bestari merupakan rekan terbaik jurnal dalam menerbitkan artikel, peran mereka tidak dapat diragukan. Mitra bestari dalam melakukan peninjauan mengedepankan asas kejujuran, obyektif, dan kesiapan membimbing penulis. Asas inilah yang ditekankan oleh HIJP untuk terus diimplementasikan oleh mitra bestari, sehingga proses peninjauan adalah upaya membantu penulis untuk membangun isi naskah yang berkualitas.

Sebagai bentuk penghargaan kepada mereka, HIJP menganjurkan mitra bestari memverifikasi hasil penilaiannya di Publons, lagi-lagi tampilkan hasil peninjauan dengan percaya diri. Silahkan mempelajari bagian ini melalui link berikut.

  • Untuk Editor

Editor HIJP adalah yang sehari-hari berurusan dengan naskah. Editor menyaring kelaikan naskah untuk masuk ke proses penerbitan selanjutnya.

Penerbit memberikan kesempatan kepada editor untuk mengklaim hasil pekerjaannya dan menampilkan klaim tersebut diprofil Publons mereka. Hal ini dapat dipelajari melalui link berikut.

Dan yang terakhir untuk komunitas ilmuwan/profesional, anda dapat berikan dukungan kepada kami dengan cara mengendosmen HIJP. Endosmen yang anda berikan akan menjadi penyemangat kami untuk terus memperbaiki proses penerbitan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas artikel dan ilmu pengetahuan.