Tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) hari ini melakukan assessment lapangan di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Kendari. Kegiatan ini akan berlangsung hingga 27 November besok.

Tim assesor dari BAN PT yang hadir ada tiga orang, yakni Prof Indri Safitri Mukono, Windyawati, dan Dewi Rokhanawati. Ketiganya akan melakukan
evaluasi lapangan guna memastikan dokumen borang sesuai dengan kondisi sebenarnya untuk menentukan nilai akhir reakreditasi Poltekkes Kendari. Untuk diketahui, Poltekkes Kendari hingga sekarang masih terakreditasi C.

Direktur Poltekkes Kendari Askrening mengatakan, di kampus kesehatan itu ada beberapa prodi dan jurusan dengan akreditas C, namun seiring berjalannya waktu terus dilakukan perbaikan sehingga jurusan yang akreditasnya C naik menjadi B.

“Prodi dan jurusan yamg masih menyandang C di bulan kemarin Prodi D-III Kebidanan sudah naik jadi B, kemudian juga jurusan Analis di bulan Juli 2018 dikeluarkan pengumumanya naik ke B. Dengan kenaikan akreditas jurusan, kita juga bisa genjot akreditas institut”, ujar Askrening di ruang kerjanya, Senin (26/11/2018).

“Kami berharap hasil penilaian assesor BAN-PT akan meningkatkan akreditasi institusi Poltekkes Kemenkes Kendari,” tambahnya.

Askrening juga mengatakan akreditasi sangat penting untuk menjamin mutu pendidikan tinggi bidang kesehatan yang ada di Indonesia, khususnya di Sultra.

Dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi serta Permendikbud No 87 Tahun 2014 mengharuskan setiap institusi pendidikan tinggi terakreditasi oleh lembaga akreditasi yang sah dan punya kekuatan hukum, yaitu melalui BAN-PT atau LAM-PT Kes.

274total visits,0visits today