Jurusan Analisis Kesehatan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kendari, selenggarakan kuliah tamu (pakar) dengan tema tren pemeriksaan kimia klinik dan update riset molekuler pada bidang laboratorium klinik di Aula PKM Poltekkes Kendari, Jumat (2/11).

Pemateri kegiatan, Dr Miswar Fattah MSi dalam kegiatan tersebut mengatakan, untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru di dunia laboratorium klinik, mahasiswa seharusnya mampu berinisiatif untuk mencari pengetahuan diluar kampus.

“Kita tahu bersama jika sarana dan parasarana kampus di Indonesia, masih banyak yang kurang memadai. Jadi, dalam pengembangan inovasi, mahasiswa harus mampu mencari sumber sendiri dan tidak terpaku pada apa yang disipakan kampus,” katanya.

Kepala Laboratorium Riset dan Esoterik, PT Prodia Widyahusada ini menjelaskan, Indonesia sendiri 20 tahun lebih terlambat dari negara lainnya pada bidang laboratorium klinik.

Sehingga, dosen harus menyesuaikan dan menekankan dengan generasi milenial ini (mahasiswa) belajar secara online agar dapat mengikuti percepatan teknologi, sehingga kampus sendiri harus merubah cara belajar agar lebih kreatif.

“Target dan harapan saya sendiri bagaimana dapat memberikan pengetahuan dan wawasan mereka dengan dunia luar agar mereka dapat berkecimpung dengan pekerjaan tersebut,” jelasnya.

Ketua Jurusan Analisis Kesehatan Poltekks Kendari Anita Rosanty menambahkan, bahwa jumlah mahasiswa yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 250 orang terdiri dari mahasiswa semester satu 100 orang, semester tiga 100 orang dan semester lima  50 orang.

“Saya berharap, dengan masukan dari pakar akan menambah wawasan atau pengetahuan, psikomotor, dan afektifitas mahasiswa,” tutupnya.

395total visits,3visits today